Belajar Makna Tahun Baru Hijriyah dari Siswa-siswi TK Islam Al Azhar 16

0
499

muharam-tk3

 

TK Islam Al Azhar 16 adalah sekolah Islam di Cilacap yang konsen terhadap perkembangan syiar Islam. Melalui berbagai kesempatan, TK Islam Al Azhar telah ikut mewarnai perkembangan syiar Islam, khususnya di Cilacap.

 

Begitu pula dalam momen pergantian tahun pada kalender Islam. Peristiwa besar bagi umat Islam ini tentu saja menjadi momentum yang baik untuk syiar Islam. Berbagai macam kegiatan telah dipersiapkan oleh segenap guru dan pendamping TK Islam Al Azhar 16 untuk menyambut pergantian tahun ini.

 

“Sudah saatnya umat Islam memahami dan mengerti tata cara penanggalannya sendiri dan meneladani semangat perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW.” Ungkap Awal Noviana, S.Psi, selaku kepala sekolah TK Islam Al Azhar 16.

 

Dengan bertajuk ”Mari membangun pribadi anak yang bertaqwa dan berakhlaqul karimah,” TK Islam Al Ahar 16 mengadakan beberapa kegiatan yang bertujuan mengenalkan sistem penanggalan Islam. Dimulai dari tanggal 3 Oktober sampai dengan 5 oktober 2016, atau bertepatan dengan tanggal 2 – 4 Muharram 1438 H, TK Islam Al Azhar 16 mengadakan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

 

PAWAI MUHARRAM

 

muharam-tk2

 

Pawai Muharram ini mengawali rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Hijriyah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari seratus murid TK A dan B. Diawali dengan ikrar pagi (pembacaan syahadat dan do’a), rombangan pawai berangkat dengan start dari Masjid Ibnu Sina Cilacap. Rute perjalanan yang panjang justru membuat anak-anak hebat ini semakin bersemangat.

 

Kegiatan pawai ini dipilih dalam rangka meneladani semangat Rasulullah dalam berdakwah. Sepertihalnya Nabi yang berjalan dari tempat kelahirannya menuju kota Madinah yang jaraknya tak kurang dari 450 km, demi menegakkan dakwah Islam.

 

Pawai yang dimulai dari jam 09.00 sampai menjelang dhuhur ini berjalan dengan aman dan lancar. Dengan dipimpin oleh koordinator kegiatan, Dra. Sariyah, perjalanan pawai TK Islam Al Azhar 16 ini mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Pasalnya disamping kegiatan pawai, murid-murid TK ini juga membagikan stiker yang bertema tahun baru Islam. Hal ini tentu sangat bermanfaat. Masyarakat secara langsung dapat bertambah wawasan tentang tahun baru Islam, melalui stiker tersebut.

 

“harapan kami kegiatan pawai ini dapat menggugah semangat masyarakat dalam mengenal tahun baru islam,” kata koordinator kegiatan ini disela-sela perjalanan pawai.

 

LOMBA TAHFIDZ

muharam-tk1

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah lomba tahfidz. Lomba ini diikuti oleh murid TK kelas A dan B. Masing-masing kelas menghafalkan beberapa Surah dalam Juz 30. Semangat siswa-siswi TK terlihat ketika dipanggil satu per satu menaiki panggung lomba.

 

Area koridor TK Al Azhar 16, yang menjadi tempat berlangsungnya lomba tahfidz ini terasa begitu meriah saat dimulainya acara lomba. Lomba tahfidz ini mendatangkan tim penilai yang sudah terbukti ahli dalam hafalan.

 

“Lomba ini menambah percaya diri murid TK sekaligus meningkatkan kecintaan kepada Al Qur’an,” kata Muhammad Sobirin, S.Pd.I, yang merupakan salah satu juri dalam lomba tersebut.

 

Lomba tahfidz ini diharapakan mampu mengasah kecintaan anak usia dini terhadap Al Qur’an. Kecintaan kepada firman Allah SWT ini tentu saja penting dimiliki seorang muslim, sebagaimana Rasulullah diutus kemuka bumi untuk menyebarluaskan kitab suci Al Qur’an.

 

Tahun baru Hijriyah sejatinya mengandung makna yang dalam apabila kita mau memahaminya. Banyak ibrah yang bisa kita ambil dalam perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW. Dengan kita selalu mengingat peristiwa tersebut melalui pergantian tahun dalam kalender Islam, artinya kita selangkah lebih dekat dalam memahami perjuangan dakwah Nabi.

 

Jayalah Al Azhar ! (Ghatra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 6 =

*