Gerakan Pungut Sampah Bukti Cinta Sekolah

0
86
ﺍِنَّﷲَيُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَﻬِّرِيْن
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan / membersihkan diri”. (Al-Baqarah : 222)
Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2018, SMP Islam Al Azhar 15  pada Rabu 21 Februari 2018 selepas dhuhur mengadakan gerakan pungut sampah di lingkungan sekolah. Seluruh murid dengan gembira bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekolahnya dengan memunguti sampah dan kemudian dikumpulkan ke dalam kantong plastik besar ataupun tempat sampah yang sudah disediakan.  Sebelumnya mereka mendapatkan pengarahan dari wali kelas masing-masing terkait area yang harus mereka bersihkan.  Murid-murid dengan suka cita memunguti sampah yang bisa mereka temukan di tiap sudut sekolah.
Sejalan visi dan misi sekolah serta juga sesuai dengan program Adiwiyata yang tengah diusung oleh sekolah, kegiatan pungut sampah ini sejatinya sudah rutin dilakukan oleh murid-murid.  Tiap kelasnya sudah terdapat tempat sampah yang terbuat dari sampah daur ulang, selain itu mereka juga sudah terbiasa memilah sampah dengan mengumpulkan sampah bekas berupa botol plastik untuk dikumpulkan kemudian didaur ulang.
Kegiatan memungut sampah ini merupakan satu dari banyak kegiatan SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap dalam rangka sumbangsih dan partisipasi seluruh warga sekolah untuk mewujudkan Cilacap Bebas Sampah 2025.  Hal ini sangat sesuai dengan syariat serta tuntunan dalam Islam, bahwasannya kebersihan adalah sebagian dari iman dan Allah menyukai orang-orang yang menyucikan/membersihkan diri. Sekolah berharap dengan kegiatan tersebut dapat memupuk rasa cinta terhadap kebersihan, baik kebersihan lingkungan, kebersihan diri, dan tentu saja kebersihan hati serta jiwa.  AL AZHAR JAYA! ALLAHU AKBAR! –by Rida Ridiyanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =

*