Indahnya Kebersamaan Idul Qurban di Al Azhar Cilacap

0
74

qurban-al-azhar-cilacap-2016-okHakikat Qurban adalah menyembelih sifat – sifat hewaniyah yang ada dalam diri manusia. Al Azhar Cilacap tepat pada hari senin, 12 september 2016 mengadakan penyembelihan hewan Qurban di lingkungan Kampus Al Azhar Cilacap yang diikuti oleh Unit TK, SD, dan SMP Islam Al Azhar Cilacap. Untuk unit SMP menyembelih 5 ekor sapi dimana 1 ekor sapi tersebut berasal dari infak qurban murid selama kurang lebih 2 bulan dan 5 ekor kambing, unit SD menyembelih 4 ekor sapi dengan sapi ke 4 gabungan dengan Unit TK dan Unit Tk menyembelih 2 / 7 sapi dan 3 ekor kambing. Total keseluruhan 3 unit adalah 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

Selain mengadakan penyembelihan hewan qurban, dari unit SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap juga mengadakan Home Stay pada tanggal 11 – 12 September 2016 yang diikuti oleh 15 murid yang sebagian para shohibul qurban dan pengurus OSIS di desa Dondong Bugel Kesugihan Cilacap . Tujuannya untuk syiar Islam di daerah pelosok, agar keberadaan SMP Islam Al Azhar 15 bermanfaat untuk masyarakat, melatih hidup mandiri dan sederhana bagi murid, membangun rasa empati terhadap masyarakat kurang mampu dan penyaluran hewan qurban. Kegiatan yang dilakukan selama homestay meliputi melihat langsung kegiatan sehari – hari masyarakat dalam hal ini berkunjung ke home industri pabrik gula, membantu belajar di TPQ setempat, berbagi bingkisan untuk anak – anak sekitar Home Stay, penyembelihan hewan qurban dan penyaluran hewan qurban. “Harapan dari kegiatan home stay ini murid – murid SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap lebih bisa bersyukur dengan apa yang sudah Allah SWT berikan kepada orang tua dan keluarganya dan bisa mengambil pelajaran dari hidup bermasyarakat di pedesaan.

Alhamdulillah anak – anak sangat antusias mengikuti Home Stay ini. Terlihat anak – anak senang selama berkegiatan berbaur dengan masyarakat di pedesaan” pungkas Widoko Santoso, M.Pd. Selaku Kepsek SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap.

Pendistribusian hewan qurban tidak hanya di desa Dondong, Karang Pace< Planjan, dandaerah Ring satu Al Azhar Cilacap saja, tetapi meluas kedaerah lain “Untuk unit TK pendistribusiannya meluas di daerah yang membutuhkan lainnya seperti Nusawungu, Pesanggrahan, Wlahar, bahkan Banyumas”, ungkap Awal Noviana, S.Psi selaku Kepsek KB  & TK Islam Al Azhar 16 Cilacap. “Unit SD pendistribusiannya meliputi 6 RT di lingkunganSDI Al Azhar, lingkungan guru karyawan SD, Direktorat, Jamiyah, guru ekskul, sopir antarjemput, dan meluas ke daerah lain seperti Kesugihan, Tritih, Kutawaru, Maos, Jeruk Legi, dan Karang Jengkol”, pungkas Diana Mahmudah, S.Pd. selaku Kepsek SD Islam Al Azhar 16 Cilacap. By Yuli Purwaningsih, S.Pd.Fis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 15 =

*