Manasik Haji Siswa TK Islam Al Azhar 16, Semangat Belajar Rukun Islam Kelima

0
165

Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik, Innal hamda wan-ni’mata laka walmulka laa syariika laka….

Bacaan Talbiyah mengumandang syahdu pada kegiatan manasik haji siswa-siswi TK di lapangan kampus Al Azhar Cilacap hari Selasa, 27 September 2016. Dengan berpakaian Ihram, siswa-siswi TK ini dengan antusias mengikuti rangkaian manasik Haji yang diadakan oleh TK Islam Al Azhar 16 Cilacap. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari siswa-siswi TK Islam Al Azhar Cilacap kelas A dan B , dengan didampingi segenap guru TK.

 

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini diperkenalkan kepada siswa-siswi TK  dengan tujuan untuk mengenalkan tatacara ibadah Haji yang merupakan rukun Islam kelima. Bagi seorang muslim kegiatan ini tentu sangat bermanfaat. Dengan mempraktekkan langsung tata cara ibadah Haji, diharapkan siswa-siswi TK Islam Al Azhar 16 mendapatkan pengalaman yang berkesan berkaitan dengan prosesi ibadah Haji di tanah suci Mekah.

 

“Tujuan dari manasik ini adalah mengenalkan rukun Islam yang kelima, melalui pembelajaran secara langsung” ungkap Anisah Yuniarti, koordinator kegiatan tersebut.

manasik9

(Gambar : Simulasi Thawaf oleh Siswa-Siswi TK)

 

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini bekerjasama dengan biro perjalanan Multazam yang merupakan biro perjalanan khusus Haji dan Umrah. Dengan dipimpin oleh ustadz Yasri, rangkaian ibadah Haji seperti : Ihram, Wukuf, Thawaf, Sa’i, melempar Jumrah, sampai dengan Tahallul dilakukan dengan tertib dan lancar. Siswa-siswi TK dengan usia antara 4 – 5 tahun terlihat bersemangat mengikuti kegiatan yang sudah mereka tunggu-tunggu ini.

 

Melakukan simulasi rukun haji ditengah panasnya cuaca pada hari itu, teryata tidak membuat anak-anak hebat ini menurun semangatnya. Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi akan rukun Islam yang kelima, mereka asik dan menikmati rangkaian demi rangkaian kegiatan manasik haji.

manasik8

(Gambar : Suasana Manasik Haji TK Islam Al Azhar 16)

 

Memang berhaji bukanlah sekedar ritual saja, tetapi juga mengandung hikmah yang luar biasa. Meneladani sifat-sifat Nabi merupakan inti dari kegiatan manasik ini. Sepertihalnya Sa’i, yang merupakan perjuangan Siti Hajar dalam merawat anaknya, Ismail. Perjuangan Siti Hajar dalam berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah bolak-balik sebanyak 7 kali, menggambarkan perjuangan tanpa kenal lelah dan mengeluh.

 

Dan itulah yang menjadi inspirasi bagi siswa-siswi TK, guru, dan orang tua murid TK Islam Al Azhar 16 yang tak kenal lelah demi terselenggaranya semua rangkaian kegiatan manasik ini.

 

“Tentu saja kegiatan ini adalah hasil kerja keras antara guru dan orang tua murid TK Islam Al Azhar 16 Cilacap,” ungkap Awal Noviana Rahmawati, Kepala Sekolah TK Islam Al Azhar 16 Cilacap.

 

Beliau juga menyatakan rasa terimakasihnya kepada komite orang tua murid (Jam’iyyah) TK dan seluruh orang tua murid TK Islam Al Azhar 16 atas kerjasama yang baik, yang berujung sukesnya kegiatan tersebut.

 

“Harapan kami, suatu hari nanti anak-anak akan dapat menjalani rangkaian ibadah Haji yang sesungguhya,” kata beliau mengakhiri kegiatan manasik.

 

Ibadah Haji sejatinya adalah kewajiban umat muslim bagi  yang mampu. Dengan mempelajari tatacara ibadah Haji melalui kegiatan manasik, berarti kita telah memulai satu langkah menuju tanah suci Mekah.

 

Semoga Al Azhar tetap jaya! (Ghatra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 7 =

*