Membangun Karakter, Membangun Peradaban: Jejak Langkah Calon Pemimpin dari SMP Islam Al Azhar 15

0
95

”(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” [Q.S. Al Hajj: 41]

Al Qur’an menyebut khalifah sebagai

pemimpin di muka bumi. Manusia sebagai khalifah memiliki dua amanah yang disandang. Tugas pertama adalah menyerukan dan menyuruh orang lain berbuat ma’ruf. Sedangkan tugas kedua adalah melarang atau menyerukan atau menyuruh orang lain meninggalkan perbuatan mungkar. Tugas tersebut mustahil dilaksanakan manakala seorang khalifah tidak memiliki sifat dasar tabligh (komunikatif).

Sarana untuk memberikan pengetahuan, latihan, serta pendidikan dalam pembentukan karakter kepemimpinan tersebut adalah melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Berbagai kegiatan yang ada dalam organisasi ini dirancang untuk membekali murid menjadi calon-calon pemimpin di muka bumi.

 

 

Kamis – Sabtu, 8 – 10 Februari 2018, pengurus OSIS SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap mengikuti Latihan Lanjutan Kepemimpinan (LKK) Al Azhar Se-Indonesia di Cigombong, Bogor, Jawa Barat. LKK tahun ini bertujuan untuk membekali pengurus OSIS Al Azhar se-Indonesia dengan wawasan kepemimpinan yang dapat ditanamkan dan diperkuat dari dalam diri sendiri serta sebagai bentuk penumbuhan karakter qur’ani murid dalam menghadapi tantangan globalisasi komunikasi dalam berorganisasi.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan pengurus OSIS SMP Islam Al Azhar Se-Indonesia kali ini terasa istimewa bagi SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Fariz Bilal Ibad memperoleh prestasi sebagai peraih penyampai Kultum Terbaik. Prestasi ini merupakan bukti nyata penanaman “Qur’an Character Building” di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap tertanam kuat pada murid dan applicable.

Selamat ananda Ibad! Semoga ilmu dan prestasi yang diraih berkah manfaat, menjadi langkah awal kepemimpinan di masa yang akan datang. Allahu Akbar!
By Yuli Purwaningsih, S.Pd.Fis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.