NASEP (National Al Azhar Student Exchange Program)

0
220

nasepAllahu Akbar ! Pekikan takbir seluruhtamu undangan, orang tua asuh danpeserta NASEP baik dari SMP Islam Al Azhar 15 maupun 22membahana setelah prosesi pemukulan gong oleh Bapak Khalimi, tanda dibukanya salah satu program unggulan Al Azhar yaitu NASEP (National Al Azhar Student Exchange Program). NASEP merupakan program pertukaran pelajar antar Al Azhar se-Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan kerja sama antar murid, guru, serta masyarakat dengan sekolah, melatih kemandirian murid, serta memperkokoh semangat kecintaan terhadap NKRI. SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap berkolaborasi dengan SMP Islam Al Azhar 22 Sentra Primer mengadakan NASEP yang berlangsung tanggal 16 – 20 Nopember 2015 bertempat di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Nantinya SMP Al Azhar 15 juga akan melakukan kunjungan balik ke SMPI Al Azhar 22 Sentra Primer. Diikuti oleh 20 peserta yang terdiri 15 murid putri (11 kelas 8 dan 4 kelas 7) dan 5 putra (kelas 8) SMPI Al Azhar 22 Sentra Primer didampingi oleh 4 guru pendamping.

 

Kegiatan di hari pertama dilanjutkan dengan prosesi ta’aruf antara murid dengan orang tua asuhnya. Tawa bahagia mengiringi proses ini menunjukkan adanya chemistry yang mulai terbangun di kedua belah pihak. Setelah sholat dhuhur peserta NASEP melaksanakan experiment in science class. Didampingi oleh Ibu Yuli Purwaningsih, S.Pd.Fis dan Bapak Panji Fadhil Abdillah, S.Pd. selaku guru IPA. Tepat jam 14.15 mereka dijemput oleh para orang tua asuh menuju rumah yang nantinya akan mereka tinggali selama 5 hari ke depan.

 

Kegiatan di hari berikutnya sangat padat. Hari kedua, peserta NASEP melakukan city tour menuju ke pusat pemerintahan Kab. Cilacap. Rombongan diterima oleh Ibu Murni selaku staff ahli bagian hukum dan politik serta 8 kepala Dinas. Dialog interaktif yang dipandu oleh protokoler yaitu Ibu Hati sungguh menghidupkan suasana dan menambah wawasan bagi rombongan NASEP.

 

Hari Rabu 18 Nopember 2015, peserta NASEP melakukan kunjungan belajar ke PLTU Cilacap yang berada di desa Karangkandri Kab. Cilacap. Rombongan disambut oleh jajaran manajemen PT. S2P selaku pengelola PLTU Cilacap. Dalam kunjungan itu rombongan menerima penjelasan secara detail dan melihat langsung proses yang dilakukan PLTU Cilacap. Sepulang dari PLTU, rombongan kembali ke sekolah dan mulai berkolaborasi proyek tentang isu lingkungan yang mana membahas tentang bencana asap dan penanggulangannya. Dipandu oleh ibu Sri Rahayu, S.Pd. para peserta NASEP membuat alat pemurni udara.

 

Kamis 19 Nopember 2015, kegiatan kali ini adalah pembelajaran sosial, budaya, hukum dan politik. Pulau Nusakambangan, adalah the next destination dari program NASEP SMPI Al Azhar 15 Cilacap dan 22 Sentra Primer. Tiba di pulau Nusakambangan, dengan 2 bus Lapas menuju pantai Pasir Putih di ujung pulau untuk menikmati indahnya pulau yang dikenal sebagai Pulau Penjara ini.

 

Di hari terakhir, kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al Azhar 15 dialihkan ke auditorium YAPIS Ibnu Sina. Kemeriahan pentas budaya yang ditampilkan peserta NASEP maupun murid SMP Islam Al Azhar 15 mengawali upacara penutupan NASEP. Kesedihan terasa saat para peserta NASEP dari SMP AL Azhar 22 Sentra Primer berpamitan dengan seluruh warga SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap, terlebih lagi partner dan orang tua asuh mereka. Banyak kenangan dan ilmu yang didapat baik oleh peserta, orang tua asuh, maupun sekolah selama kegiatan NASEP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 5 =

*