Persami yang Keren, Gembira dan Asyik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap

0
215

persami smp islam al aqzhar 15 cilacap

Dalam rangka Penerimaan Tamu Penggalang, SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap mengadakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) pada tanggal 13 sampai 14 Agustus 2016 yang bertepatan dengan hari Pramuka ke – 55 di lingkungan Kampus Al Azhar Cilacap, Jl. Galunggung No.8 Cilacap. Kegiatan Persami ini diikuti oleh 92 murid kelas VII, 19 Murid kelas VIII dan IX sebagai DPP (Dewan Pramuka Penggalang), dan 10 orang DKR (Dewan Kerja Ranting) dan dilaksanakan secara Keren, Gembira dan Asyik agar murid SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap menjadi Cendekia Muslim yang hebat dan berkarakter. Hal ini relevan dengan Tema Hari Pramuka ke – 55 “Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan Yang Keren, Gembira dan Asyik”.

“Persami SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap tahun ini sangat berbeda dengan sekolah – sekolah lain karena anggota pramuka SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap dituntut tidak hanya hafal dasa dharma pramuka saja tapi benar – benar menjiwai dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Disamping itu dalam kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dalam Persami ini selalu dikaitkan dengan ayat – ayat Al Quran. Dengan demikian karakter murid dengan sendirinya akan terbentuk, yaitu karakter yang sesuai dengan Al Quran dan hal ini sesuai dengan visi sekolah mewujudkan generasi Qur’ani yang berprestasi, berdaya saing global dan cinta lingkungan. Persami tahun ini mengusung tema DENGAN PERSAMI DAN HARI JADI PRAMUKA KE – 55 KITA WUJUDKAN GENERASI PRAMUKA YANG BERKARAKTER DAN BERMARTABAT” ungkap Bapak Widoko Santoso, M.Pd. selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap.

Karakter yang ditanamkan kepada murid SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap dalam kegiatan Persami ini antara lain religius, disiplin, kemandirian, kepedulian, persaudaraan, kerjasama dan persatuan. Meskipun cuaca hari sabtu sempat hujan, hal ini tidak menyurutkan semangat murid – murid untuk mengikuti Persami. Mereka tetap ceria, gembira dan asyik dalam mengikuti kegiatan Persami dari awal sampai akhir. Acara dimulai dengan tadarus, sholat dhuha, dan ikrar kemudian dilanjutkan dengan tutorial pendirian tenda yang disampaikan oleh pelatih pramuka, kemudian masing – masing regu praktik mendirikan tenda di dalam aula SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap karena diluar ruangan dalam keadaan hujan deras. Setelah itu dilanjutkan dengan Permainan Regu yang meliputi pesan berantai yang melatih konsentrasi, kecepatan, kepekaan indra tubuh,  ketepatan, dan kerjasama tim, kemudian memindahkan bom yang melatih kehati – hatian, kerjasama dan kekompakan tim, dilanjutkan dengan estafet bola yang melatih kecepatan dan kerjasama tim. Setelah Ishoma, murid melanjutkan kegiatan Halang Rintang yang meliputi estafet air, ranjau, merayap dan sarang laba – laba yang melatih kekuatan fisik, cinta terhadap alam, mengasah strategi berfikir, ketangkasan, kerjasama dan melatih problem solving.

Pada sabtu malam dilaksanakan kegiatan api unggun bersama murid – murid SD satu Gugus Kecamatan Cilacap Tengah terdiri dari enam SD yang masing – masing mengirimkan dua regu putra dan putri yang bersamaan mengikuti Persami ditempat yang sama di lingkungan Kampus Al Azhar Cilacap dan dilanjutkan dengan pentas seni. Hal ini melatih murid untuk meningkatkan tali persaudaraan, kekompakan, kerjasama dan kedisiplinan.

persami smp islam al aqzhar 15 cilacap 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + fourteen =

*