Program Kurikuler

0
134
  • Kurikulum

Kurikulum merupakan komponen sangat penting dalam pendidikan. Karena kurikulum sebagai bagian dari perangkat untuk mengantarkan gerbang arah pembelajaran yang sistematis dan komprehensif. Saat ini pemerintah memberlakukan inovasi baru kaitannya dengan kurikulum 2013.

 

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbagai kompetensi. Didalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan itu.

 

Sejalan dengan itu, kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkrit. Kemampuan itu diperjelas dalam kompetensi inti, yang salah satunya “menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman, berakhlak mulia.” Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Ini semua diformulasikan dalam konsep pembelajaran tematik-integratif yang pendekatan saintifik dan penilaianautentik. Juga keseimbangan antara sikap, keterampilan dan pengetahuan untukmembangun soft skillsdanhard skills.Dibawah diagram pola keseimbangan antara soft skills dan hard skill pada jenjang pendidikan.

knowledge

  • Program Tahfidz

 €Dasar

    1. Firman Alloh dalam surat Al-Qamar ayat 17 : “Dan sesungguhnya Al-Qur’an telah Kami mudahkan untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”
    2. “Barang  siapa yang mempelajari  Al-Qur’an di usia kecil, Allah akan mencampurkan dengan daging dan darahnya”. (HR. Bukhori)

€ Kunci Sukses Tahfidz

besttahfidz

Mempelajari Al-Qur’an adalah sebuah ibadah yang nilainya sangat mahal dihadapan Allah. Karena kemulian Allah dan kasih sayangNyalah dengannya Al-Qur’an diturunkan dan lebih dari itu diberikannya jaminan kemudahan oleh Allah untuk mempelajarinya, sehingga berangkat dan berawal dari situlah lembaga pendidikan YAPIS Ibnu Sina memberikan satu terobosan baru untuk menjadikan para siswa jasad, ruh dan hatinya senantiasa tergerak, terangsang dan termotivasi untuk selalu dekat dan bersama lantunan ayat suci Al-Qur’an untuk bekal hidupnya di dunia hingga diakhirat kelak.

 

Sebuah kepastian dari Allah yang telah menjamin untuk hambanya mempelajari, membaca,mentadaburi, mengamalkan dan menghafal Al-Qur’an dalam dimensi semua usia.

 

Sumber dari segala ilmu adalah membaca dan menghafal. Keajaiban Al-Qur’an yang dibaca dan dihafalkan berulang-ulang yang kemudian dapat menyatu bersama dengan darah dan daging seorang anak adalah modal dan bekal yang sangat berharga dan bernilai sekali untuk anak mengarungi samudra kehidupan yang penuh dengan hiruk pikuk gemerlap dunia, menjadikan anak dekat dengan Allah tempat kembali setiap persoalan hidup.

 

Disisi lain dengan senantiasa membaca dan menghafal Al-Qur’an aspek kecerdasan hati dan otak anak atas izin Allah akan mengalami peninngkatan. Hanya kepada Alloh tempat kembali segala urusan.

 

Tujuan

      1. Al-Qur’an adalah pembentukankarakter.
      2. Melahirkan sikap dan mental yang positif.
      3. Menghafal adalah pondasi ilmu.
      4. Menjadi lebih mudah dalam menguasai bahasa asing.
      5. Dekat dengan sang pemillik ilmu.
      6. Menjadi bagian dari keluarga Allah.


  • Program Bilingual

Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu modal penting di era global sekarang ini. Kemampuan berbahasa asing sekarang ini adalah suatu keharusan. Di dunia dimana ruang, jarak, dan waktu tidak lagi menjadi masalah, kemampuan berbahasa asing, bahasa Inggris khususnya, mutlak adanya. Belajar bahasa Inggris adalah salah satu upaya menuntut ilmu untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dunia dalam rangka mencari ridha Allah SWT. Menuntut ilmu sangat penting, karena merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Sesuai hadits Rasulullah saw yang menyatakan bahwa:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ  وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ. (رواه الطبراني)

Artinya:

Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.”(HR. Thabrani)

 

Kerangka susunan Kurikulum Bilingual Yapis Ibnu Sina Cilacap terbagi dalam empat jenjang pendidikan, yaitu jenjang Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. Struktur kurikulum mencakup kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sosialnya yang meliputi keterampilan berbahasa sebagai berikut:

      1. Mendengarkan
      2. Mengulang
      3. Berbicara
      4. Membaca
      5. Meniru
      6. Menulis

Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai salah satu program unggulan Yapis Ibnu Sina (bilingual)  disusun berdasarkan struktur kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan berlandaskan Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim Mata Pelajaran Bahasa Inggris dari YPI Al-Azhar Pusat Jakarta. Menurut Kemendikbud, pelajaran bahasa Inggris dikategorikan sebagai kelompok mata pelajaran kelompok A. Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif, sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seperti mata pelajaran yang lainnya, Kompetensi Bahasa Inggris disusun  berdasarkan Kompetensi Inti yang kemudian dijabarkan menjadi Kompetensi Dasar dengan tingkat gradasi dari yang mudah menuju tahapan yang sulit, dari yang sederhana menuju pada yang rumit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − seven =

*