Sambung Rasa, Silaturahim dari Hati ke Hati

0
91

“Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik” (maqolah)

Rabi, 15 November 2017, SD Islam Al Azhar 16 menyelenggarakan kegiatan sambung rasa  dengan tema “Bunda Cantik dan Kreatif Kebanggaan Ananda”. Kegiatan yang dihadiri oleh seratus peserta undangan ini selain menjadi ajang silaturahmi wali murid TK se eks kotip Cilacap juga membawa misi pendidikan, yaitu mengedukasi para orang tua murid agar  mengutamakan pendidikan yang Islami untuk anak.

Bertempat di Auditorium Yapis Ibnu Sina, kegiatan ini memperoleh apresiasi dari para peserta, “kami mendapat banyak ilmu disini, dan melalui penjelasan parenting kami menjadi sadar bahwa membangun karakter Islami anak sama pentingnya dengan prestasi akademik,” tutur Asri, yang merupakan salah satu peserta sambung rasa.

Kegiatan sambung rasa ini merupakan rangkaian dari beberapa acara inti antara lain paparan parenting, fashionshow oleh siswa SD Islam Al Azhar 16, tutorial hijab, Skin Treatment, tampilan operet mini Al Azhar, dan terakhir ditutup dengan praktek cooking bento.

Acara dibuka dengan tutorial hijab oleh, Merryza Anggraini, yang merupakan pengurus  Jam’iyyah SD Islam Al Azhar 16. Peserta diajarkan cara berhijab yang syar’i namun juga modis. “Ibu-ibu selain harus pandai mengurus anak juga harus tampil dengan busana yang syar’i dan modis,” kata Merry.

Acara berikutnya adalah Skin Treatment yang diisi oleh owner dari Calya Beauty Corner, Liza Septiana Sari. Dalam sesi ini, peserta diberikan tips dan cara perawatan kulit dan ilmu seputar perawatan wajah. Liza menjelaskan bahwa sebagai seorang ibu dan istri, wanita harus tampil menarik dan sehat. “tampil cantik untuk suami juga merupakan ibadah bagi wanita”, tuturnya.

Acara semakin meriah dengan tampilnya operet mini Al Azhar yang diperankan murid-murid SD Islam Al Azhar 16 yang menceritakan tentang pentingnya pembiasaan akhlakul karimah seperti tadarus, puasa sunah, shalat dhuha, dan amalan-amalan lainnya. Kepala sekolah SD Islam Al Azhar 16, Diana Mahmudah, yang juga turut menjadi pembicara dalam paparan parenting mengatakan pembiasaan akhakul karimah tidak kalah pentingnya dengan prestasi akademik. Di SD Islam Al Azhar 16, pembiasaan akhlakul karimah tersebut telah terlaksana dalam program Quran Chacacter Building. “Penanaman nilai-nilai Al Qur’an sejak dini sangat penting dan memberi dampak positif yang luar biasa untuk anak”, kata beliau.

Kemeriahan cara ditutup dengan praktek membuat Bento yang dipandu oleh anggota Jam’iyyah SD Islam Al Azhar 16, Selvyana Yunita. Dalam kesempatan itu, Selvy membagikan tips jitu agar ananda yang tidak suka makan pagi dan makan sayuran bisa tertarik untuk makan bekal pagi mereka,“menyiapkan bekal untuk ananda tidak harus yang mahal, tapi dengan disusun semenarik mungkin, sehingga ananda tergoda selera makannya.” Para peserta sangat antusias karena bisa belajar menghias bekal pagi langsung dari ahlinya.

Pendidikan anak adalah tanggung jawab kedua orang tua, dan peran ibu menjadi sangat penting karena ibulah madrasah/sekolah pertama bagi anak. Ibu yang kreatif, berpenampilan menarik dan syar’I tentunya akan menjadi idola bagi anak. Anak yang mengidolakan orang tuanya tentunya akan lebih mudah untuk diarahkan menjadi anak yang sholeh dan sholehah. (Ghany)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × three =

*