SD Islam Al Azhar 16 Cilacap Menjadi Tuan Rumah PERSAMI Gugus Soeprapto Kec. Cilacap Tengah

0
125

persami3

Dalam rangka memperingati HUT Pramuka yang ke 55, tanggal 13 – 14 Agustus 2016 Gugus Soeprapto melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI). Peserta nya berasal dari 6 sekolah dasar se Gugus Soeprapto yaitu SDI Al Azhar 16, SDN Sidanegara 01, SDN Sidanegara 02, SDN Sidanegara 04, SDN Sidanegara 08 dan SDN Sidanegara 11.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinstruksikan oleh Kwarran Cilacap Tengah. Tema yang diusung oleh panitia adalah “Bersama Persami kita bangun pribadi yang beriman dan bertaqwa, berdisiplin, terampil serta memiliki sifat kepemimpinan dalam kebersamaan”. Ini adalah persami untuk penggalang tingkat SD kelas 6.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, melatih dan membiasakan anggota gerakan pramuka hidup dan belajar mandiri di dalam kebersamaan dan alam terbuka. Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan anjangsana yaitu saling mengenal antar anggota dari 6 SD se Gugus Soeprapto.

persami1

Selanjutnya kegiatan pada siang hari diisi dengan berbagai acara diantaranya permainan yang mengembangkan kemampuan berfikir, rasa dan ketangkasan. Sore hari kegiatan ini dilanjutkan dengan Api Unggun dan pentas seni. Di pagi harinya kegiatan diakhiri dengan olahraga dan upacara HUT Pramuka sebagai penutup Persami pada hari itu.
“Kita bersyukur karena Gugus Soeprapto dapat menyelenggarakan Persami yang tidak semua gugus dapat melaksanakan instruksi dari kwarran” tutur Ibu Karmiah selaku ketua Gugus Soeprapto.

Selain itu dalam rangka menambah semangat kemeriahan dan motivasi pada peserta persami, panitia menyediakan tropy untuk regu terbaik dalam kegiatan selama persami. Ada 17 regu yang mengikuti persami gugus soeprapto ini. Beberapa kriteria regu terbaik yang menjadi penilaian yaitu kebersihan, kekompakan, ketertiban, pentas seni, anjangsana dan favorit. Sedangkan SD Al Azhar 16 mendapatkan tropy pentas seni putra dan tropy ketertiban untuk putri. Kemampuan ber “Beat box” siaga putra (Gading, Ibad dan regunya) dari Al Azhar disambut dengan tepuk tangan meriah dari peserta lain dalam pentas seni malam itu.

persami2

Hujan deras pada hari itu tidak menurunkan antusias dan keceriaan anak anak dalam mengikuti Persami, karena kegiatan ini merupakan pengalaman pertama yang berharga bagi anak anak penggalang kelas 6 dalam memimpin diri ditengah tengah teman baru dari sekolah lain dan menunjukkan kebolehannya dalam game maupun pentas seni.
“Persami ini diharapkan mampu membangun semangat peserta mengikuti latihan Pramuka dengan keren,gembira dan asyik baik sekarang maupun kegiatan pramuka selanjutnya.” ucap Bapak Jumakir, S.Pd selaku pengawas Dapin 5 yang menjadi Pembina upacara HUT Pramuka yang ke – 55 sekaligus sebagai penutup rangkaian Persami pada hari itu. Salam Pramuka…!!!   (Triana Nurfajariah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four − three =

*