SD ISLAM AL AZHAR 16 DATANGKAN AHLI KESEHATAN DALAM ACARA GUEST SPEAKER FIELDTRIP

0
25

“Diangkatkan pena (tidak dibebani hukum) atas tiga (kelompok manusia), yaitu anak-anak hingga baligh, orang tidur hingga bangun, dan orang gila hingga sembuh.” (HR Abu Dawud).

Guna menciptakan suasana pembelajaran yang tidak membosankan, Selasa, 15 Agustus 2017, SD Islam Al Azhar 16 mendatangkan dokter dan bidan untuk menjelaskan sistem reproduksi manusia. Kegiatan ini sekaligus merupakan Fieldtrip kelas 6 dengan tema guest speaker.

Dalam kegiatan itu, bidan Lutvi Nurhapsari, Am.Keb, menjelaskan tentang perubahan primer dan sekunder pada perempuan. Beliau juga berbagi ilmu mengenai tata cara menjaga organ kewanitaan dan pengetahuan tentang cara bergaul yang benar dengan lawan jenis. Bidan yang sehari-hari bekerja di RSUD Cilacap itu menjelaskan pentingnya edukasi sejak dini mengenai organ reproduksi, sehingga para murid memahami fungsi dan bagian-bagian tubuh mereka sendiri. “Para murid sudah saatnya memahami fungsi dan pentingnya menjaga bagian-bagian tubuh mereka,” tutur Lutvi.

Senada dengan bidan Lutvi, dr. Taufiq Hidayat, yang bertugas menjelaskan perubahan primer dan sekunder pada laki-laki pun juga menekankan hal yang sama. Anak laki-laki usia 11 – 12 tahun sudah mulai mengalami perubahan bentuk fisik dan psikologis, sehingga penting mengetahui cara untuk menghadapi perubahan tersebut.

Di era sekarang ini, anak sangat mudah memperoleh informasi tentang reproduksi manusia dari internet. Namun sayangnya informasi dari internet seringkali tidak ramah dengan anak, banyak konten-konten pornografi yang justru muncul ketika anak berusaha mencari informasi, dan tentunya berbahaya bagi psikologi anak. Oleh karena itu, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat, karena anak dapat bertanya langsung kepada ahlinya dengan porsi yang tepat dan informatif.

Alhamdulillah.. ananda kelas 6 mendapatkan ilmu yang sangat berguna. Semoga ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Dan dapat menjadi bekal ananda untuk menjadi seorang muslim dan muslimah yang shalih. (G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 9 =

*