SD Islam Al Azhar 16 Menyambut Tahun Baru Hijriyah

0
314

muharam-background

Menyambut tahun baru Hijriyah 1438, SD Islam Al Azhar 16 Cilacap mengadakan berbagai macam lomba yang diikuti oleh siswa siswi SD. Lomba tersebut adalah lomba adzan, tahfidz (hafalan), PAI (Pendidikan Agama Islam), dan lomba menggambar.

 

Mengusung tema “Semangat ibadah dan prestasi yang cemerlang ditahun baru Islam,” rangkaian kegiatan lomba ini mulai dipersiapkan dengan matang oleh para guru dan dan pandamping kelas SD Islam Al Azhar 16. Kegiatan lomba ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 6 Oktober 2015, bertepatan dengan tanggal  5 Muharram 1438 Hijriyah. Kemudian penyerahan hadiah dijadwalkan empat hari sesudahnya, tepatnya hari Senin, 10 Oktober 2016.

 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan sistem kalender Islam bagi siswa siswi SD Islam Al Azhar 16, sekaligus melatih kesiapan siswa dalam menghadapi lomba-lomba sejenis yang diadakan di luar Al Azhar.

 

“Program tahunan rutin ini bertujuan pengenalan siswa terhadap kalender Islam dan memupuk jiwa Islami dan kemandirian anak sejak dini,” kata Rosid, S.Pd.I selaku koordinator kegiatan ini.

 

Rangkaian lomba-lomba ini berjalan dengan lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh para siswa. Berikut adalah kronologi lomba-lomba tersebut :

 

LOMBA ADZAN

muharam-azan

Lomba ini diikuti oleh siswa putra kelas satu sampai kelas enam. Lomba adzan diselenggarakan dalam beberapa tahap, yaitu seleksi tiap kelas yang dilakukan oleh guru kelas satu sampai dengan kelas enam. Masing-masing kelas kemudian dipilih empat siswa untuk mewakili kelas masing-masing.

 

Dipandu oleh dua juri adzan yang sudah berkompeten, lomba adzan ini berjalan dengan lancar. Dimulai pukul 08.00, satu persatu peserta menampilkan kebolehannya dalam mengumandangkan panggilan Allah SWT ini.

 

LOMBA TAHFIDZ

muharam-tahfidz

Beberapa Surah dalam Juz 29 dan 30 dipilih sebagai Surah yang dilombakan dalam peringatan tahun baru Islam ini. Peserta lomba tahfidz ini adalah siswa-siswi pilihan yang mempunyai hafalan diatas rata-rata dari kelas satu sampai dengan enam.

 

Lomba yang berlangsung dari jam 08.00 sampai menjelang dhuhur ini diikuti dengan antusias oleh siswa SD. Bertempat di Auditorium Yapis Ibnu Sina Cilacap, lomba ini diharapkan mampu mencetak para penghafal Al Qur’an yang istiqomah menjaga hafalannya.

 

LOMBA PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

muharam-gaambar

Tidak melupakan perannya dalam dunia pendidikan, SD Islam Al Azhar 16 Cilacap juga menyelenggarakan lomba yang berbasis pada pelajaran agama. Pelajaran PAI merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa SD yang bermuatan akhlakul karimah dan syariat Islam.

 

Lomba PAI ini diikuti oleh kelas empat sampai dengan kelas enam. Penguatan akhlak dan peningkatan pengetahuan tentang syariat Islam adalah tujuan dari lomba ini.

 

LOMBA MENGGAMBAR

Memfasilitasi para siswa yang mempunyai bakat dalam seni, SD Islam Al Azhar 16 juga menyelenggarakan lomba menggambar. Bertema tahun baru Hijriyah, lomba ini diikuti oleh seluruh siswa kelas satu sampai kelas tiga. Diadakannya lomba menggambar ini telah memunculkan bakat-bakat seni dari siswa siswi SD, khususnya dalam bidang seni rupa.

 

SD Islam Al Azhar 16 Cilacap telah berkomitmen untuk menjadi Sekolah Dasar Islam yang menjadi pusat pengetahuan dan syiar Islam, khususnya di Kabupaten Cilacap. Melalui momentum tahun baru Islam ini, SD Islam Al Azhar 16 memberikan bukti nyata dalam syiar Islam.

 

“Lomba ini bertujuan untuk menggaungkan syiar Islam, khususnya untuk siswa-siswi SD,” tutur Diana Mahmudah, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 16 Cilacap.

 

Beliau juga mengatakan ditengah gempuran budaya asing yang masuk ke negeri kita, sangat diperlukan kegiatan-kegiatan semacam ini untuk menanamkan kecintaan terhadap Islam.

 

“Harapan kami, murid-murid SD Islam Al Azhar 16 Cilacap semakin bangga menjadi generasi muslim,” ungkap beliau mengakhiri lomba tersebut.

 

Semangat tahun baru Hijriyah dapat menjadi momentum bagi umat Islam untuk meneladani perjuangan Rasulullah dalam syiar Islam. Semangat tersebut yang harus kita jaga dalam rangka menyebarluaskan akhlakul karimah di bumi Indonesia.

 

Semoga Al Azhar tetap jaya ! (Ghatra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − five =

*