Serunya Rihlah SD Islam Al Azhar 16 Cilacap

0
105

Pada tanggal 13 September 2016 lalu, diadakan Rihlah guru dan karyawan SD Islam Al Azhar 16 Cilacap di Obyek wisata arung jeram Magelang. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menambah kekompakan dan mempererat tali silaturahmi khususnya bagi Guru dan Karyawan unit SD.

 

Kegiatan yang diikuti hampir seluruh guru dan karyawan unit SD ini merupakan kegiatan yang seru dan menantang. Berangkat pukul 03.00 WIB, tidak menurunkan semangat para guru dan karyawan untuk mengikutinya. Justru kegiatan ini ditunggu-tunggu sejak pertama kali diumumkan oleh koordinator pelaksana.

 

Menurut bapak M Ali Nur Sya’bana, selaku koordinator pelaksana, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk guru dan karyawan. Ditengah kesibukan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab mendidik anak-anak penerus bangsa, kegiatan ini mampu menyegarkan kembali jiwa dan pikiran para guru dan karyawan.

 

Puncak dari kegiatan ini adalah arung jeram di sungai Elo Kabupaten Magelang. Dengan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman, petualangan mengarungi sungai Elo pun dimulai. Sebelum menyusuri sungai, peserta dibagi menjadi delapan kelompok, masing-masing kelompok menempati satu perahu. Dilengkapi dengan peralatan keamanan seperti pelampung, helm dan dayung, dimulailah penyusuruan sungai dengan penuh suka cita.

rihlah12

(Gambar : Pembagian kelompok oleh instruktur)

 

Mengarungi sungai dengan jarak kurang lebih 10 km terasa sangat singkat karena hamparan disepanjang lintasan membuat pikiran terasa damai sekaligus takjub dengan ciptaan Allah SWT. Lintasan yang menantang membuat adrenalin terpacu dan kembali bersemangat. Sesekali berteriak karena melewati lintasan yang berkelok-kelok, melewati bebatuan, dan terjun menuju aliran sungai yang lebih rendah membuat suasana arum jeram sangat menyenangkan.

rihlah10

(Gambar : Mengarungi derasnya sungai Elo)

 

Tidak sampai disitu saja, keseruan berlanjut pada saat pembagian dorprize. Dengan dipandu bapak Amin Derese, pembagian dorprize berlangsung meriah. Kepala sekolah SD Islam Al Azhar 16, ibu Diana Mahmudah, juga berkesempatan memberikan pertanyaan berhadiah kepada para guru dan karyawan. Suasana ceria dan penuh kesyukuran terlihat diwajah peserta rihlah.

 

Dengan diadakannya rihlah ini, umat muslim diharapkan mampu memahami tanda-tanda kebesaran Allah SWT, melalui hamparan alam dan aliran sungai yang terjadi dengan sendirinya. Semua itu dapat dijadikan bahan renungan bahwa kita sebagai hambaNya wajib bersyukur dan selalu mengingat Allah SWT dimanapun kita berada.

 

Sukses untuk Al azhar Cilacap !  (Ghatra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + two =

*