SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

0
376

Sesuai dengan slogannya menjadi “Sekolah Islam Pilihan Pertama”, SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap selain mempunyai segudang prestasi, kini menuju Sekolah Adiwiyata. Di tahun 2017 mendatang, SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap siap menjadi sekolah Adiwiyata. Diawali kunjungan ke BLH (Badan Lingkungan Hidup) bulan Oktober 2016 bersama unit KB-TK dan SD Islam Al Azhar 16 untuk audiensi kesiapan menjadi sekolah adiwiyata. BLH menyambut baik kunjungan ini dengan memberikan penyuluhan tentang Sekolah Adiwiyata pada tanggal 2 Desember 2016 di Aula SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap kepada seluruh guru dan karyawan SMP, perwakilan Direktorat YAPIS Ibnu Sina, TK dan SD Islam Al Azhar 16 Cilacap, tidak ketinggalan Murid SMP Islam Al Azhar 15 yang ditunjuk tiap kelas sebagai kader Adiwiyata. Pada tanggal 5 Desember 2016, koordinator Adiwiyata ke BLH untuk menerima informasi teknis pengisian formulir Adiwiyata dan mengisi formulir tersebut dan pada tanggal 5 januari 2017 dilaksanakan entri data dan di bulan Februari 2017 Tim BLH akan mengadakan penilaian sekolah Adiwiyata di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap.

Berkaitan dengan itu, Tim Adiwiyata SMP Islam Al Azhar 15 pada hari kamis, 22 Desember 2016 melakukan persiapan menuju penilaian sekolah Adiwiyata. Suksesnya ini tidak hanya ditentukan oleh peran guru saja tapi seluruh warga sekolah. Koordinator Tim Adiwiyata membentuk 11 divisi Adiwiyata yang meliputi divisi kerindangan dan keindahan taman, divisi TOGA, divisi Hortikultura, divisi Kebersihan Kamar Mandi, divisi Green and Clean, divisi Biopori, divisi Hemat Energi, divisi Publikasi, divisi kantin, divisi Pengkomposan dan Bank Sampah (daur ulang) dan divisi Kemitraan / Humas, dimana tiap divisi terdiri dari guru sebagai koordinator dalam divisi dan murid sebagai kader Adiwiyata. Mereka bahu – membahu dan kompak dalam mensukseskan sekolah Adiwiyata.

Tujuan program Adiwiyata ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi sekolah yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. “Adapun tujuan utama adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Selain itu, keuntungan dan manfaat yang diperoleh adalah meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya, penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi, meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah, menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah, dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang, dan menciptakan sekolah yang bisa menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan. Hak tersebut dilakukan dengan harapan di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan” . Ungkap Widoko Santoso, M.Pd selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. (By Yuli Purwaningsih, S.Pd.Fis)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + twelve =

*