Strike!!! Siswa kelas I mendapat ikan besar di Fieldtrip SD Islam Al Azhar 16

0
73

Suka cita 83 siswa kelas I SD Islam Al Azhar 16 fieldtrip ke kebun sayur di Jalan Ganggeng Timur, Cilacap dan pemancingan ikan Taman Tirto, Selasa 18 April 2017 lalu. Kegiatan ini adalah pembelajaran kontekstual Tema Tumbuhan dan Hewan yang sebelumnya telah dipelajari di sekolah.

Di lokasi pertama yaitu kebun sayuran, siswa diajak untuk melihat beraneka sayuran atara lain kangkung, bayam dan sawi hijau. Selain itu siswa juga diajarkan cara budidaya sayur yang mudah. Puncaknya, siswa memanen sayuran yang ada di kebun dengan cara mencabut kemudian hasilnya dibawa pulang.

Lokasi berikutnya adalah Pemancingan Taman Tirto yang berlokasi di Jalan Irawan, Gumilir. Siswa melihat berbagai jenis ikan yang ada di kolam yaitu ikan gurame, mujair, lele, dan emas. Selanjutnya siswa diajak memancing ikan dengan menggunakan alat pancing yang sudah tersedia. Setelah beberapa saat menunggu.. Strike!!! Beberapa siswa berhasil mendapatkan ikan besar!  Alhamdulillah senangnya hari ini, belajar langsung dari alam sekitar dan semakin menghargai serta bersyukur atas apa yang telah disediakan Allah SWT di alam ini untuk kebaikan manusia. Sebagaimana dalam Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Thaha ayat 53 dan An-Nur ayat 45, yaitu :

“(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan di atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit. Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuh-tumbuhan.” (Thaha : 53)

“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (An-Nur : 45)

Kegiatan ini pun didukung penuh oleh wali murid SD Islam Al Azhar 16, baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya. Alhamdulillah,  selain mempunyai siswa yang cerdas Allah SWT juga memberikan para ayah dan bunda yang hebat sehingga acara fieldtrip kelas I ini sukses dan lancar. Hari yang mengesankan, semoga bermanfaat untuk ananda siswa kelas I. (G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 12 =

*