TK Islam Al Azhar 16 Pintar Berhaji

0
33

 

Cilacap – 09 September 2107
Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik, Innal hamda wan-ni’mata laka walmulka laa syariika laka…
Bacaan Talbiyah bersahut-sahutan pada kegiatan manasik haji TK se-Kecematan Cilacap. Dengan berpakaian Ihram murid TK mengikuti dengan antusias mengikuti rangkaian manasik Haji. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 46 murid TK Islam Azhar dari Kelompok TK B1 dan B2 , dan didampingi segenap guru dan Jamiyyah KB dan TK Islam Al Azhar 16 Cilacap.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini diperkenalkan kepada murid TK dengan tujuan untuk mengenalkan tatacara ibadah Haji yang merupakan rukun Islam kelima. Dengan mempraktekkan langsung tata cara ibadah Haji, diharapkan murid TK Islam Al Azhar 16 mendapatkan pengalaman yang berkesan berkaitan dengan prosesi ibadah Haji di tanah suci Mekah, ungkap Tuti Listyarini S.Pd.I selaku koordinator kegiatan.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dengan rangkaian ibadah haji seperti : Ihram, Wukuf, Thawaf, Minum Air Zam-zam, Sa’i, melempar Jumrah, sampai dengan Tahallul dilakukan dengan tertib dan lancar. Murid TK Islam Al Azhar terlihat bersemangat mengikuti kegiatan yang sudah mereka nantikan, ditengah panasnya cuaca terik, teryata tidak membuat anak-anak patah semangat. Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi akan rukun Islam yang kelima, mereka senang dan menikmati rangkaian kegiatan manasik haji.

“Berhaji bukanlah sekedar ritual saja, tetapi juga mengandung hikmah yang luar biasa. Meneladani sifat-sifat Nabi merupakan inti dari kegiatan manasik ini. Sepertihalnya Sa’i, yang merupakan perjuangan Siti Hajar dalam merawat anaknya, Ismail. Perjuangan Siti Hajar dalam berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah bolak-balik sebanyak 7 kali, menggambarkan perjuangan tanpa kenal lelah dan mengeluh”, tambah Tuti.

Kegiatan ini bermanfaat sekali, anak-anak bisa mengenal apa itu haji dan apa saja yang dilaksanakan saat melaksanakan haji, dan yang pasti mendorong anak-anak untuk lebih ingin tau seperti apa sih ka’bah yg sebenernya”,ungkap Rena Rossiana Wali Murid dari Ananda Waldan Raziq Naufal Kelompok TK B1.
( Rizka Fatma )

Dapatkan info lainnya di http//www.alazharcilacap.sch.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − seven =

*