Wisuda Tahfidz dan Khotmil Qur’an SD Al Azhar 16 Cilacap

0
192

Pagi yang cerah terasa syahdu, didukung suasana Masjid Raya Al Azhar yang hijau dan megah menambah sakral acara Wisuda Tahfidz dan Khotmil Qur’an SD Islam Al Azhar 16 Cilacap, Sabtu, 25 Maret 2017. Anak – anak berbaris mengenakan seragam putih bersih dan menggenggam Al-Qur’an menambah khusyu acara tersebut. Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun dengan tujuan mengapresiasi pencapaian siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan menghatamkan membaca Al-Qur’an.

Diikuti oleh 330 siswa, acara ini diawali dengan pembacaan beberapa Surah dalam Juz 28, 29, dan 30 dan disertai penyerahan piagam penghargaan untuk beberapa kategori. Kategori tersebut yaitu : kelas II diberikan piagam penghargaan untuk hafidz Juz 30, kelas IV hafidz Juz 29 – 30 , kelas VI hafidz Juz 28 – 30, sedangkan kelas V penghargaan atas khatam membaca Al-Qur’an.

Selain siswa siswi yang diwisuda, orang tua murid juga diundang untuk menyaksikan prosesi Wisuda Tahfidz dan Khomil Qur’an ini. Antusias para orang tua cukup tinggi terlihat dari banyaknya Ayah dan Bunda yang berkenan menyaksikan acara ini. Dalam sambutanya, orang tua murid yang diwakili oleh Bunda Imas Haryati menyampaikan selamat pada ananda semua yang telah berhasil menghafal dan menghatamkan Al-Qur’an. Beliau juga sangat mendukung program Tahfidzul Qur’an yang merupakan salah satu program unggulan di SD Islam Al Azhar 16.

Program Tahfidzul Qur’an ini ternyata juga berdampak positif bagi orang tua murid, karena anak-anaknya yang sudah pandai menghafal Qur’an membuat para orang tua termotivasi dan bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an.

SD Islam Al-Azhar 16 Cilacap berkomitmen mencetak siswa siswi yang menjadikan Al-Qur’an sebagai dasar dalam segala perilakunya. Dalam rangka mencetak generasi yang berkhlakul karimah tersebut maka siswa selalu diajarkan untuk mencintai Al-Qur’an. Hal ini sangat diapresiasi oleh Ustadz Islahudin yang diminta memberikan tausiah dan nasehat kepada para siswa. Beliau menyampaikan bahwa banyak sekali kandungan dalam Al-Qur’an yang dapat kita pelajari.

Kepala SD Islam Al Azhar 16, Diana Mahmudah, S.Pd, dalam sambutannya pun menyampaikan rasa bangganya kepada siswa siswi atas capaian pada hari ini.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, anak-anak bisa lebih mengakrabi Al-Qur’an dan lebih cinta lagi dengan Al-Qur’an sehingga tercetaklah generasi Qur’ani,” tutur beliau diakhir acara.
Adanya acara Wisuda dan Khotmil ini merupakan salah satu bukti bahwa Al Azhar layak menjadi sekolah pilihan pertama bagi orang tua, karena sangat fokus membentuk karakter anak didiknya dengan menanamkan kecintaan kepada Al-Qur’an sejak dini secara konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + three =

*