Al Azhar Cilacap bekerja sama BPBD melaksanakan Simulasi Gempa dan Tsunami.

0
104

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah.” (Q.S Al Hadid : 22)

Pada hari Rabu 29 Januari 2020, Al Azhar Cilacap bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Simulasi Gempa dan Tsunami di Kampus Pusat.

Dalam simulasi tersebut diperagakan penanggulangan bencana gempa bumi yang mengakibatkan tsunami. Saat terjadi gempa, murid-murid diarahkan untuk berlindung di bawah meja dan menghindari kaca. Setelah gempa reda, murid-murid di evakuasi ke luar ruangan menuju lapangan. Beberapa saat kemudian, terdengar peringatan tsunami sehingga murid-murid di evakuasi menuju lantai 2 gedung sekolah.

Firman dari BPBD Kabupaten Cilacap menuturkan bahwa kegiatan simulasi seperti ini tentu sangat berguna dan perlu dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus. Hal ini dalam rangka meningkatkan peran dan kemampuan kita dalam penanggulangan bencana. “Yang terpenting, simulasi seperti ini menyadarkan kita semua terhadap bencana alam yang sangat mungkin terjadi, meskipun kita sebenarnya tidak menghendaki, namun kita harus waspada sebelum terjadi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.