Murid-murid Kelas 3 SD Islam Al Azhar 16 Cilacap bersuka cita dalam Festival Makanan Tradisional Indonesia

0
106

“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di Bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanaman-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikannya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” ( Q.S. Az-Zumar [39]: 21)

Iklim dan cuaca tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Aktifitas manusia di sektor kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya, tak lepas dari pengaruh iklim dan cuaca di lingkungannya.

Interaksi masyarakat Indonesia yang beriklim tropis, kaya akan flora dan fauna, sangat beragam. Keragaman tersebut menjadi budaya, ciri khas bangsa yang patut diketahui dan dikenalkan kepada murid. “Mengenalkan budaya pada murid Sekolah Dasar perlu strategi tersendiri. Sederhana namun penuh makna,” Rosid, S.Pd.I, Koordinator Guru Kelas 3 menuturkan. Lebih lanjut Rosid menjelaskan tujuan puncak tema Cuaca ini selain mengenalkan ragam budaya Indonesia, murid juga belajar mengaitkan bahwa letak geografis Indonesia berdampak pada jenis makanan yang dikonsumsi serta pakaian yang dikenakan masyarakatnya.

Murid-murid Kelas 3 SD Islam Al Azhar 16 Cilacap pun bersuka cita dalam Festival Makanan Tradisional Indonesia. Aneka panganan disajikan pada kegiatan Pekan Puncak Tema ini. Dari thimpan khas Aceh, mpek-mpek, manisan pala, sate Padang, sate Madura, tiwul, gaplek, mendoan, serta papeda khas Papua. “Ketika murid telah mengenal budaya negeri sendiri, mereka diharapkan bisa lebih mencintai dan menghargai hasil karya bangsanya. Tak lupa, mereka belajar menghadapi benturan konflik sosial akibat perbedaan sejak dini serta mampu bersyukur atas karunia Allah yang luar biasa.” tutur Rosid mengakhiri penjelasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.